5 Jenis Investasi Online Terbaik yang Aman untuk Pemula

 

6 Jenis Investasi Bermodal Minim, Cocok untuk Pemula

Apakah Kamu sudah berinvestasi? Coba dulu deh! Investasi jika dilakukan dengan benar bisa membuatmu kaya. Apalagi sekarang sudah ada investasi online yang membuat investasi bisa lebih mudah.

Sekarang sudah banyak platform online yang memberi layanan berbagai jenis investasi.  Kamu jangan asal memilih platform ya! Saat ini ada banyak investasi online penipuan. Lebih baik kamu memilih platform investasi online resmi OJK yang terbukti aman.

Jika kamu tertarik, berikut adalah beberapa daftar investasi terbaik untuk pemula berikut platform digitalnya yang direkomendasikan.

1. Reksadana

Kamu yang masih pemula, banyak direkomendasikan untuk mengambil investasi online Reksadana. Reksadana adalah suatu wadah tempat menghimpun dana dari investor yang akan dikelola manajer investasi untuk disalurkan atau diinvestasikan ke suatu Portofolio Efek.

Reksadana sendiri terbagi dalam beberapa jenis yaitu Reksadana Pasar Uang, Reksadana Obligasi, Reksadana Saham, dan Reksadana Campuran. Sebagai pemula, kamu bisa memilih Reksadana Pasar Uang.

2. Emas

Kamu pasti menganggap emas adalah instrumen investasi kuno. Membeli di toko emas kemudian menyimpannya sendiri di rumah. Setelah berjalan beberapa tahun, ketika nilai emas naik, bisa dijual dan dapat untung. Jika kamu masih berpikiran seperti itu, kamu benar-benar sudah ketinggalan jaman.

Sekarang investasi emas dan logam mulia bisa dilakukan melalui platform online lho. Ini adalah salah satu jenis investasi online yang aman dan minim resiko.

Kamu bisa melakukan transaksi jual beli melalui platform tersebut dan tidak perlu menyimpan sendiri emasnya. Lebih efektif kan, selain itu juga tidak akan ada resiko kehilangan.

3. P2P Lending

Ini adalah salah satu alternatif investasi 100 ribu hasilkan jutaan rupiah. Naik daun sejak beberapa tahun kebelakang. Kepopuleran P2P Lending beriringan dengan tren pinjaman online.

Sistem P2P Lending cukup sederhana. P2P Lending menjadi perantara bagi investor dan pihak yang membutuhkan dana, biasanya untuk permodalan suatu usaha UMKM.

Pada platform P2P Lending akan tersedia sejumlah pengajuan pinjaman. Data pada setiap borrower yang mengajukan pinjaman akan disajikan lengkap sebagai bahan pertimbanganmu. Nah, kamu bisa memilih mana yang ingin kamu berikan pendanaan.

Nantinya keuntungan yang kamu dapatkan berasal dari bunga pinjaman. Besaran bunga tergantung suku bunga pinjaman tempat yang kamu danai.

Kamu bisa bergabung dengan P2P lending melalui Amartha yang meruapakan salah satu platform P2P terbaik saat ini. 

4. Obligasi Negara Ritel

Investasi Obligasi masih cukup asing bagi pemula. Obligasi adalah surat utang yang dikeluarkan oleh suatu institusi yang bisa dibeli oleh khalayak umum. Saat kamu membeli Obligasi, secara tidak langsung kamu sudah memberi pinjaman pada institusi yang mengeluarkan surat Obligasi.

Sebagai investor, kamu berhak mendapatkan pegembalian pokok pinjaman dan juga bunganya. Obligasi Negara Ritel (ORI) adalah produk investasi Obligasi yang paling recomended terutama untuk investasi online.

Secara konvensional, membeli produk investasi ORI bisa kamu lakukan di bank yang menjadi agen penjual ORI. Sekarang ini pembelian ORI bisa dilakukan melalui berbagai platform P2P Lending dan juga aplikasi khusus yang dikeluarkan oleh pihak bank.

5. Saham

Saham pada dasarnya adalah bukti kepemilikan perusahaan. Kamu memiliki hak kepemilikan pada suatu perusahaan berdasarkan banyaknya saham yang kamu pegang. Keuntungan dari investasi 100 ribu profit harian saham berasal dari kenaikan nilai saham dan juga dividen atau pembagian laba perusahaan. Tapi tidak semua perusahaan menjanjikan memberi dividen pada investornya.

Investasi ini sangat cocok bagi seseorang berpengalaman atau seseorang yang cukup berambisi mengeruk uang sebanyak-banyaknya. Pemula sebaiknya tidak sembarangan memilih instrumen investasi ini. Return yang besar jangan membuatmu terlena. Return yang besar juga setara dengan risikonya yang besar.

Ada baiknya kamu belajar terlebih dahulu tentang pasar modal, bagaimana transaksi saham, dan strategi investasi saham.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Promosi Menggunakan Media Sosial dan Keuntungannya